PROJECT PROPOSAL
OLYMPIADE MATEMATIKA
SISWA/SISWI
SMA-MA, SMP-MTS DAN MAHASISWA
SE-NTB
DIAJUKAN OLEH :
HIMPUNAN
MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
MATARAM
2011
PANITIA OLYMPIADE MATEMATIKA
PANITIA OLYMPIADE MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
Sekertariat :Lab. Matematika. Jl. Gajah Mada jempong- Mataram
LEMBAR PENGESAHAN
OLYMPIADE MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA dan MAHASISWA
SE-NTB
Proposal
Ini disahkan Tanggal 2011 di Mataram
Panitia Pelaksana,
Ketua HMJ
Pendidikan Matematika,
Harji
NIM.
151 084 019
|
Ketua panitia,
Muhamad Syukur
NIM.151 094 037
|
Mengetahui,
Pembantu Dekan III Fakultas Tarbiyah,
H.M. Zaki. S. Ag, M.pd
NIP.197112311997031005
PANITIA OLYMPIADE MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
Sekertariat :Lab. Matematika. Jl. Gajah Mada jempong- Mataram
PROJECT PROPOSAL
A.
Latar belakang
Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan
kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pendidikan sangat penting artinya, tanpa pendidikan manusia
akan sulit berkembang bahkan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus
betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu
bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik.
Tujuan pendidikan yang diharapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif
dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur,
berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan
persatuan bangsa dan bukannya perpecahan. (UU. SPN No. 20 Tahun 2003).
Empat pilar pendidikan sekarang dan masa depan yang dicanangkan oleh UNESCO
yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal, yaitu: (1) learning to know
(belajar untuk mengetahui), (2) learning to do (belajar untuk melakukan
sesuatu) dalam hal ini kita dituntut untuk terampil dalam melakukan sesuatu,
(3) learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan (4) learning to live
together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama.
Dalam rangka
merealisasikan `learning to know`, Guru seyogyanya berfungsi sebagai
pasilitator. Di samping itu guru dituntut untuk dapat berperan sebagai teman
sejawat dalam berdialog dengan siswa dalam mengembangkan penguasaan pengetahuan
maupun ilmu tertentu.
Learning to do (belajar
untuk melakukan sesuatu) akan bisa berjalan jika sekolah memfasilitasi siswa
untuk mengaktualisasikan keterampilan yang dimilikinya, serta bakat dan
minatnya. Walaupun bakat dan minat anak banyak dipengaruhi unsur keturunan
namun tumbuh berkembangnya bakat dan minat tergantung pada lingkungannya. Dengan bakat dan minat anak tersebut akan
terbentuk suatu keterampilan. Keterampilan dapat digunakan untuk menopang
kehidupan seseorang bahkan keterampilan lebih dominan daripada penguasaan
pengetahuan dalam mendukung keberhasilan kehidupan seseorang.
Learning to be (belajar untuk menjadi seseorang) erat hubungannya dengan
bakat dan minat, perkembangan fisik dan kejiwaan, tipologi pribadi anak serta
kondisi lingkungannya. Bagi anak yang agresif, proses pengembangan diri akan
berjalan bila diberi kesempatan cukup luas untuk berkreasi. Sebaliknya bagi
anak yang pasif, peran guru sebagai
pengarah sekaligus fasilitator sangat dibutuhkan untuk pengembangan diri siswa
secara maksimal. Pendidikan yang diterapkan harus sesuai dengan kebutuhan
masyarakat atau kebutuhan dari daerah tempat dilangsungkan pendidikan. Unsur muatan
lokal yang dikembangkan harus sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.
Kebiasaan hidup bersama, saling
menghargai, terbuka, memberi dan menerima (take and give), perlu
ditumbuhkembangkan. Kondisi seperti ini memungkinkan terjadinya proses
"learning to live together" (belajar untuk menjalani kehidupan
bersama). Penerapan
pilar keempat ini dirasakan makin penting dalam era globalisasi/era persaingan
global. Perlu pemupukkan sikap saling pengertian antar ras, suku, dan agama
agar tidak menimbulkan berbagai pertentangan yang bersumber pada hal-hal
tersebut.
Dengan demikian, tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus
diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta
sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya.
Banyak cara yang sudah ditempuh oleh pemerintah maupun instansi-instansi di
Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia dengan kemampuan
intelektual yang dapat bersaing dengan daerah bahkan dengan negara lain, salah
satunya dengan diadakannya olimpiade baik dari tingkat SD/MI, SMP-MTS, SMA/MA
bahkan tingkat mahasiswa. Namun terkadang yang bisa menikmati kegiatan
olimpiade tersebut hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Hal tersebut disebabkan
masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah mengenai kegiatan
tersebut serta faktor dari sekolah itu sendiri yag masih memiliki rasa minder
untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Terutama sekolah-sekolah yang
berada di daerah atau pelosok. Hal ini
terbukti dengan belum adanya delegasi dari provinsi NTB yang menjadi pemenang
olimpiade-olimpiade baik yang diadakan ditingkat nasional apalagi tingkat
internasional. Misalnya untuk olimpiade Matematika nasional tingkat SD,
pemenangnya diraih oleh Stefano Chiesa Suryanto dari Jakarta. Dia bahkan telah
merain juara olimpiade Matematika se-Asia Pasifik 2008. Alangkah bangganya bila
salah seorang putra NTB dapat mengikuti jejak Stefano.
Kaitannya dengan itu maka diperlukan peranan dari semua pihak untuk
meningkatkan SDM kita khususnya di NTB. IAIN sebagai salah satu lembaga
perguruan tinggi di kawasan timur mempuyai peran yang amat besar dalam hal
itu.apabila kita melihat ke luar, para pemenang olimpiade matematika yang
berasal dari Indonesia belum pernah berasal dari wilayah NTB. Oleh karena itu dalam rangka memperingati hari
pendidikan nasional kami dari Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Mataram mengadakan kegiatan
Olympiade Matematika tingkat SMA-MA dan Mahasiswa se–NTB guna mendukung generasi-generasi yang handal dalam
matematika. Dan membuktikan bahwa pelajar yang ada di NTB mempunyai
intelektualitas yang tinggi dan mampu mewujudkan visi dan misi NTB saat ini yaitu beriman dan berdaya saing di
tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.
Landasan dari kegiatan Olympiade
Matematika dan
konferensi ini
adalah :
1.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasioanal No. 20 tahun 2003;
2.
Visi dan Misi IAIN Mataram;
3.
Visi dan Misi Pendidikan Matematika IAIN Mataram;
4.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Himpunan
Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika 2011;
5.
Program kerja kepengurusan Divisi Pendidikan HMJ Pendidikan
Matematika IAIN Mataram 2011;
6.
Keputusan rapat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan
Matematika tanggal 25 Februari 2011.
B. Nama dan Tema Kegiatan
Adapun nama kegiatan ini adalah Olympiade Matematika Tingkat Siswa/Siswi
SMP-MTS,
SMA-MA
dan Mahasiswa se-NTB dengan tema “Mengintegrasikan Intelektualitas dan
Kolektifitas Menuju Generasi yang Beriman dan Berdaya Saing”.
C. Tujuan Kegiatan
Secara umum tujuan dari kegiatan Olympiade Matematika dan konferensi ini adalah:
- Meningkatkan mutu Siswa/Siswi SMP-MTS,SMA-MA dan Mahasiswa se–NTB;
- Memotivasi Siswa/Siswi
dan Mahasiswa dalam menekuni
dan mengembangkan Matematika;
- Terciptanya Siswa/Siswi
dan Mahasiswa yang kreatif, inovatif dan produktif dalam
mengembangkan potensi pribadi dan peka terhadap perkembangan zaman.
D. Target
Target yang ingin dicapai dari pelaksanaan
kegiatan ini adalah :
- Meningkatnya kreatifitas dan produktifitas Siswa/Siswi
dan Mahasiswa se-NTB;
- Terbentuknya kader–kader generasi penerus yang
berkompeten dalam mengembangkan Matematika;
- Tercapainya kompetisi dan kompetensi yang universal.
E. Strategi pelaksanaan
Kegiatan olimpiade ini dilaksanakan bagi siswa-siswa SMA-MA dan Mahasiswa
se-NTB serta dirangkaikan dengan konferensi Mahasiswa Matematika
se-NTB. Jumlah sekolah SMA-MA dan mahasiswa yang kami target pada
acara ini berjumlah 700, yang dimana kami akan mengirim surat delegasi kesetiap
sekolah dan perguruan tinggi untuk sebagai nama pendaftar peserta olimpiade. maka dari
panitia akan memberikan berbagai macam fasilitas,
seperti:
1.
Piala Rektor untuk Pemenang I
tingkat SMA-MA
2.
Piala Gubernur untuk pemenang I
tingkat mahasiswa
3.
Hadiah untuk pemenang I-III tingkat
SMA-MA dan Mahasiswa
4.
Sertifikat untuk seluruh peserta dan
official
5.
Bagi pemenang I tingkat SMA-MA mendapat jaminan bebas
registrasi masuk jurusan Pendidikan Metematika dari Ketua Jurusan Pendidikan
Matematika IAIN Mataram
6.
Sofenir untuk seluruh peserta
Adapun adanya sosialisasi kegiatan dengan pemasangan
baliho, spanduk dan penyebaran pamflet dapat memberikan informasi bukan hanya
kepada sekolah-sekolah SMA-MA dan mahasiswa se-NTB tetapi juga masyarakat umum
sehingga kegiatan ini diketahui oleh masyarakat luas.
F. Waktu dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 3 –4 Mei 2011, yang bertempat di Kampus II IAIN Mataram dan Ruang Kuliah Fakultas Tarbiyah.
G. Jenis Kegiatan
Kegiatan Olympiade ini akan dilaksanakan I (satu) tahap untuk
siswa/siswi SMA-MA dan II (dua) tahap untuk Mahasiswa. Untuk Siswa/Siswi
hanya menjawab soal-soal Olympiade
tingkat SMA-MA. Sedangkan Mahasiswa, pada tahap I
dilaksanakan dengan menjawab soal Olympiade matematika tingkat Mahasiswa dan
tahap II dalam bentuk Persentasi Karya Ilmiah oleh kelompok Mahasiswa yang nilainya masuk 10 (sepuluh)
besar.
H.
Peserta
kegiatan
Para peserta Olympiade ini berasal dari Siswa/Siswi SMP-MTS, SMA-MA dan Mahasiswa Jurusan Matematika
se–NTB dengan target
peserta yaitu tingkat SMP-MTS, SMA/MA dan Mahasiswa se-NTB sebanyak 700
peserta.
I.
Panitia
Kegiatan
Panitia
pelaksanaan terdiri dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan
Matematika IAIN Mataram dan perwakilan kelas. Susunan panitia terlampir (lampiran
1) .
J.
Penutup
Demikian Project Proposal ini kami buat
sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu dalam membantu mensukseskan kegiatan yang
kami adakan. Harapan kami, kegiatan Olimpiade Matematika VI tingkat
SMA-MA dan Mahasiswa Se-NTB ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan
rencana. Tentunya kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa adanya bantuan semua
pihak, baik bantuan moril maupun finansial. Atas bantuan dan kerjasama
bapak/ibu kami sampaikan terima kasih. Semoga apa yang menjadi niat baik kita
bersama ini, dicatat sebagai amal ibadah dan diterima disisi Allah SWT. Amin.
Mataram,12 maret 2011
Panitia
Pelaksana,
Pembinaan
Olympiade Matematika,
Ketua Pelaksana,
Muhamad Syukur
NIM.151 094
037
|
Sekertaris,
Muhammad Munir
NIM. 151 094
073
|
Mengetahui,
Ketua Jurusan
Pendidikan Matematika
Irzani, S.Pd, M.Si
NIP.197607182005011002
|
Ketua Umum
HMJ
Pendidkan Matematika
Harji
NIM. 151 084 019
|
Pembantu Dekan III
Fakultas Tarbiyah
H.M. Zaki. S. Ag, M.pd
NIP.197112311997031005
Lampiran 1
PERSONALIA KEPANITIAAN
Pelindung/Penasihat : Dekan
Fakultas Tarbiyah
Penanggung Jawab : Pembantu Dekan
III Fakultas Tarbiyah
Pelaksanaan : 1. Ketua Jurusan Pendidikan Matematika
1.
Sekertaris
Jurusan Pendidikan Matematika
Steering Comite : 1. Dewan Pengarah Organisasi
2.
Ketua
Umum HMJ Pendidikan Matematika
Organizing Comite : 1. Ketua Panitia : Muhamad
Syukur
2. Sekertaris : Muhammad Munir
3. Bendahara : Lili Hernawati
Seksi Kesekertariatan
Koordinator : Ilham
Anggota :
1.
Waridah
2.
Rina Mariana
3.
Mirna Yuni Yarti
4.
Fathul Azis
5.
Zohaeratun
6.
Ulya Nurjannah
Koordinator : Nurinayah
Anggota :
1.
Azizah Ratna Susilawati
2.
Khoridatul Farida
3.
Nurul Hadiani
4.
Yulia Harnani
5.
Usi Susanti
6.
Sriyana
Seksi perlengkapan
Koordinator : M. Irvan
Anggota :
1.
Rudi Hartono
2.
Amir Marzuki
3.
M. Ahadi
4.
Hambali
5.
Malik Ibrahim
6.
Nita Hardiana
Seksi Konsumsi
Koordinator : Hilmiah
Anggota :
1.
BQ. Rara Armiati
2.
Suhaedayati
3.
Sarwin Hidayat
4.
Nispa Hayati
5.
Ririn Wahyu Ningsih
6.
Yuliana Rizka
Seksi pubdekdok
Koordinator : Khaeri
Anggota :
1.
Himmatul Fajri
2.
Tuti Hasrani
3.
Masriah
4.
Syaharuddin
5.
BQ.Sakiah
6.
M. Suhardi
Seksi pendanaan
Koordinator : M. Aziz
Ismail
Anggota :
1.
M. Qodri
2.
Nisa Ariestia
3.
M. Assadullah
4.
Samsul Hidayat
5.
Emi Mulyana
6.
Novan Hardi
Mataram, 22 April 2009
Ketua Umum
HMJ Pendidikan Matematika
Harji
NIM. 151 084 019
Lampiran 2
Estimasi dana yang dibutuhkan
ALOKASI DANA
KEGIATAN
Pengeluaran :
1.
Seksi Keseketariatan
NO
|
BAHAN
|
jumlah
|
harga
satuan
|
total
|
1
|
Tinta warna
|
4
botol
|
Rp
40.000,00
|
Rp 160.000,00
|
2
|
Amplop panjang
|
6 kotak
|
Rp
17.000,00
|
Rp 102.000,00
|
3
|
Amplop jumbo
|
30
buah
|
Rp
20.000,00
|
Rp 600.000,00
|
4
|
Kwitansi pendaftaran
|
20
buah
|
Rp
3.000,00
|
Rp 60.000,00
|
5
|
Kertas A4
|
3
rim
|
Rp
30.000,00
|
Rp 90.000,00
|
6
|
Penggandaan proposal
|
10
eskplar+ jilid
|
Rp 3.000,00
|
Rp 30.000,00
|
7
|
ID Card peserta
|
700 orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp 525.000,00
|
8
|
ID Card pembimbing
|
200
Orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp 1.500.000,00
|
9
|
ID Card panitia
|
39 orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp 292.500,00
|
10
|
Isi steples
|
10
kotak
|
Rp
1.000,00
|
Rp 10.000,00
|
11
|
Sertifikat Peserta+ Pembimbing +
Panitia yang jumlah keseluruhannya
|
949 orang
|
Rp
30.000,00
|
Rp 2.820.000,00
|
12
|
Tinta stempel
|
1 kotak
|
Rp
13.000,00
|
Rp 13.000,00
|
14
|
Buku Polio
|
2
buah
|
Rp
10.000,00
|
Rp 20.000,00
|
Jumlah
|
Rp 6.222.500,00
|
2.
Seksi Perlengkapan
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total
|
1
|
Spanduk
@3x5 meter
|
3 buah
|
35000
|
Rp 105.000,00
|
2
|
Pamplet
|
50 lembar
|
2000
|
Rp 100.000,00
|
3
|
Brosur
(full color)
|
50 buah
|
2000
|
Rp 100.000,00
|
4
|
Sewa
sound system
|
1 set
|
3000000
|
Rp 3.000.000,00
|
5
|
Batrei
camera
|
5 Pasang
|
12500
|
Rp 62.500,00
|
6
|
Sewa
Terop
|
20 Lokal
|
150000
|
Rp 3.000.000,00
|
7
|
Sewa
Kursi
|
1000 Buah
|
200000
|
Rp 2.000.000,00
|
Jumlah
|
Rp 8.367.500,00
|
3.
Seksi Pubdekdok
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Total
|
1
|
Cuci cetak Foto
|
100
Lembar
|
Rp 1.000,00
|
Rp 100.000,00
|
2
|
Perlengkapan dekorasi ruangan
|
1
set
|
Rp
1.000.000,00
|
Rp 1.000.000,00
|
JUMLAH
|
Rp 1.100.000,00
|
4.
Seksi Konsumsi
NO
|
BAHAN
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total
|
1
|
Snack Pembukaan
|
|
|
|
- Peserta
|
700 Orang
|
Rp
5.000,00
|
Rp
3.500.000,00
|
|
- Offecial
|
200 Orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp
1.500.000,00
|
|
- Undangan
|
100 Orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp
750.000,00
|
|
- panitia
|
39 Orang
|
Rp
5.000,00
|
Rp
195.000,00
|
|
2
|
Snack
Penutupan
|
|
|
|
- Peserta
|
700
Orang
|
Rp
5.000,00
|
Rp 3.500.000,00
|
|
- Offecial
|
200
Orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp
1.500.000,00
|
|
- Undangan
|
100
Orang
|
Rp
7.500,00
|
Rp
750.000,00
|
|
39
Orang
|
Rp
5.000,00
|
Rp
195.000,00
|
||
3
|
Makan
Siang
|
|
|
|
- Peserta
|
700
Orang
|
Rp
10.000,00
|
Rp
7.000.000,00
|
|
- Offecial
|
200
Orang
|
Rp
15.000,00
|
Rp
3.000.000,00
|
|
- panitia
|
39
Orang
|
Rp
10.000,00
|
Rp
390.000,00
|
|
JUMLAH
|
Rp 22.280.000,00
|
5.
Seksi Acara
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total
|
|||
1
|
Penggandaan soal untuk mahasiswa
|
100 eksplar + penggandaan lembar
jawaban
|
Rp
1.000,00
|
Rp
100.000,00
|
|||
2
|
Penggandaan soal untuk siswa
|
600 eksplar + penggandaan
lembar jawaban
|
Rp
1.000,00
|
Rp
600.000,00
|
|||
3
|
Double folio
|
7 rim
|
Rp 25.000,00
|
Rp
175.000,00
|
|||
4
|
Kertas buram
|
3 rim
|
Rp
25.000,00
|
Rp
75.000,00
|
|||
5
|
Honor Dewan Juri
|
8 Orang
|
Rp
400.000,00
|
Rp
3.200.000,00
|
|||
6
|
Hadiah-hadiah
|
||||||
Olimpide Tingkat Mahasiswa
|
|||||||
Juara I
|
1 Orang
|
Rp 5.000.000,00
|
Rp
5.000.000,00
|
||||
Juara II
|
1 Orang
|
Rp 4.000.000,00
|
Rp
4.000.000,00
|
||||
Juara III
|
1 Orang
|
Rp 3.000.000,00
|
Rp
3.000.000,00
|
||||
Juara harapan I
|
1 Orang
|
Rp 2.000.000,00
|
Rp
2.000.000,00
|
||||
Juara harapan II
|
1 Orang
|
Rp 1.000.000,00
|
Rp
1.000.000,00
|
||||
Total
|
Rp 15.000.000,00
|
||||||
Olimpiade Tingkat Siswa SMA-MA
|
|||||||
Juara I
|
1 Orang
|
Rp 4.000.000,00
|
Rp
4.000.000,00
|
||||
Juara II
|
1 Orang
|
Rp 3.000.000,00
|
Rp
3.000.000,00
|
||||
Juara III
|
1 Orang
|
Rp 2.000.000,00
|
Rp
2.000.000,00
|
||||
Juara harapan I
|
1 Orang
|
Rp 1.000.000,00
|
Rp
1.000.000,00
|
||||
Juara harapan II
|
1 Orang
|
Rp
500.000,00
|
Rp
500.000,00
|
||||
Total
|
Rp 10.500.000,00
|
||||||
Olimpiade Tingkat SMP-MTs
|
|||||||
Juara I
|
1 Orang
|
Rp 3.000.000,00
|
Rp
3.000.000,00
|
||||
Juara II
|
1 Orang
|
Rp 2.000.000,00
|
Rp
2.000.000,00
|
||||
Juara III
|
1 Orang
|
Rp 1.000.000,00
|
Rp
1.000.000,00
|
||||
Juara harapan I
|
1 Orang
|
Rp
500.000,00
|
Rp
500.000,00
|
||||
Juara harapan II
|
1 Orang
|
Rp
300.000,00
|
Rp
300.000,00
|
||||
Total
|
Rp
6.800.000,00
|
||||||
Lomba Media pembelajaran Berbasis
Komputasi
|
|||||||
Juara I
|
1 Orang
|
Rp 1.000.000,00
|
Rp
1.000.000,00
|
||||
Juara II
|
1 Orang
|
Rp
700.000,00
|
Rp
700.000,00
|
||||
Juara III
|
1 Orang
|
Rp
500.000,00
|
Rp
500.000,00
|
||||
|
Total
|
Rp
2.200.000,00
|
|||||
Jumlah
|
Rp 38.650.000,00
|
||||||
6.
Total
Dana
NO
|
SEKSI
|
TOTAL
|
1
|
KESEKRETARIATAN
|
Rp
6.222.500,00
|
2
|
PERLENGKAPAN
|
Rp
8.367.500,00
|
3
|
PUBDEKDOK
|
Rp
1.100.000,00
|
4
|
KONSUMSI
|
Rp
22.280.000,00
|
5
|
ACARA
|
Rp
38.650.000,00
|
TOTAL
|
Rp
76.620.000,00
|
Lampiran
3
SCHEDULE
ACARA
KEGIATAN
OLYMPIADE MATEMATIKA VI
TINGKAT SISWA/SISWI SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
No
|
Hari/Tanggal
|
Waktu
Acara
|
Jenis
Kegiatan
|
Tempat
acara
|
Keterangan
|
1
|
Senin, 21
Maret 2011 s/d sabtu, 23 April 2011
|
08.00-18.00
|
Penerimaan
pendaftaran
|
Lab.
Matematika IAIN Mataram
|
panitia
|
2
|
Sabtu, 30
April 2011
|
15.00-selesai
|
Technical
meeting
|
Kampus
II IAIN Mataram
|
Panitia
+ Peserta
|
3
|
Selasa, 3
Mei 2011
|
08.00-09.00
|
Pembukaan:
1. Pembukaan
2.
Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an
3.
Laporan Ketua Panitia
4. Sambutan-Sambutan
A.
Sambutan Ketua Jurusan Pend. Matematika
B.
Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah
C.
Sambutan Rektor IAIN Mataram Sekaligus Membuka Acara
5. Doa
|
Kampus
II IAIN Mataram
|
Panitia
+ Peserta
|
09.30-11.30
|
Test
Tingkat SMP-MTs, SMA-MA dan Mahasiswa
|
Ruang
14,15,16,17, 18, dan Aula IAIN Mataram
|
Peserta
|
||
11.30-12.30
|
Hiburan
|
Aula
IAIN Mataram
|
Peserta
+ Panitia
|
||
12.30-13.30
|
ISHOMA
|
Aula
IAIN Mataram
|
Panitia
+ peserta
|
||
12.30-13.00
|
Pengumuman
Hasil Tes Mahasiswa
|
Aula
IAIN Mataram
|
Peserta
|
||
4.
|
Selasa, 3
Mei 2011
|
13.00-18.00
|
Persentase
Mahasiswa
|
Aula
IAIN Mataram
|
Peserta
|
5.
|
Rabu, 4
Mei 2011
|
07.30-11.30
|
Pengumuman
+ Penutup
|
Aula
IAIN Mataram
|
Panitia
+ peserta
|
semoga proposal ini berguna bgi kita semua..............
BalasHapusDi kasih link downloadnya dong OM
Hapusboleh gk saya copi proposal nya??
BalasHapusTerimakasih pak.. izin copy buat contoh..
BalasHapusIzin kopas ya? Trims.. :)
BalasHapusIZIN COPI BOZ
BalasHapusizin copy y! buat isi blog
BalasHapus