Muhammad Munir

Kamis, 09 Februari 2012

contoh proposal olimpiade



PROJECT PROPOSAL
OLYMPIADE MATEMATIKA
SISWA/SISWI SMA-MA, SMP-MTS DAN MAHASISWA SE-NTB  
 














DIAJUKAN OLEH :

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA
 FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
2011
PANITIA OLYMPIADE  MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
Sekertariat :Lab. Matematika. Jl. Gajah Mada jempong- Mataram
 


LEMBAR PENGESAHAN
OLYMPIADE MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA dan MAHASISWA SE-NTB


Proposal Ini disahkan Tanggal                          2011 di Mataram

Panitia Pelaksana,

Ketua HMJ

Pendidikan Matematika,




Harji

NIM. 151 084 019

 

Ketua panitia,




Muhamad Syukur
      NIM.151 094 037
Mengetahui,
Pembantu Dekan III Fakultas Tarbiyah,

 


 

 

H.M. Zaki. S. Ag, M.pd
NIP.197112311997031005

PANITIA OLYMPIADE  MATEMATIKA
SMP-MTS, SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN (HMJ)
PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
Sekertariat :Lab. Matematika. Jl. Gajah Mada jempong- Mataram
 

PROJECT PROPOSAL

A.    Latar belakang
Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Pendidikan sangat penting artinya, tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang bahkan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik.
Tujuan pendidikan yang diharapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan. (UU. SPN No. 20 Tahun 2003).
Empat pilar pendidikan sekarang dan masa depan yang dicanangkan oleh UNESCO yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal, yaitu: (1) learning to know (belajar untuk mengetahui), (2) learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu) dalam hal ini kita dituntut untuk terampil dalam melakukan sesuatu, (3) learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan (4) learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama.
Dalam rangka merealisasikan `learning to know`, Guru seyogyanya berfungsi sebagai pasilitator. Di samping itu guru dituntut untuk dapat berperan sebagai teman sejawat dalam berdialog dengan siswa dalam mengembangkan penguasaan pengetahuan maupun ilmu tertentu.
Learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu) akan bisa berjalan jika sekolah memfasilitasi siswa untuk mengaktualisasikan keterampilan yang dimilikinya, serta bakat dan minatnya. Walaupun bakat dan minat anak banyak dipengaruhi unsur keturunan namun tumbuh berkembangnya bakat dan minat tergantung pada lingkungannya. Dengan bakat dan minat anak tersebut akan terbentuk suatu keterampilan. Keterampilan dapat digunakan untuk menopang kehidupan seseorang bahkan keterampilan lebih dominan daripada penguasaan pengetahuan dalam mendukung keberhasilan kehidupan seseorang.
Learning to be (belajar untuk menjadi seseorang) erat hubungannya dengan bakat dan minat, perkembangan fisik dan kejiwaan, tipologi pribadi anak serta kondisi lingkungannya. Bagi anak yang agresif, proses pengembangan diri akan berjalan bila diberi kesempatan cukup luas untuk berkreasi. Sebaliknya bagi anak yang pasif, peran guru  sebagai pengarah sekaligus fasilitator sangat dibutuhkan untuk pengembangan diri siswa secara maksimal. Pendidikan yang diterapkan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau kebutuhan dari daerah tempat dilangsungkan pendidikan. Unsur muatan lokal yang dikembangkan harus sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.
 Kebiasaan hidup bersama, saling menghargai, terbuka, memberi dan menerima (take and give), perlu ditumbuhkembangkan. Kondisi seperti ini memungkinkan terjadinya proses "learning to live together" (belajar untuk menjalani kehidupan bersama). Penerapan pilar keempat ini dirasakan makin penting dalam era globalisasi/era persaingan global. Perlu pemupukkan sikap saling pengertian antar ras, suku, dan agama agar tidak menimbulkan berbagai pertentangan yang bersumber pada hal-hal tersebut.
Dengan demikian, tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya.
Banyak cara yang sudah ditempuh oleh pemerintah maupun instansi-instansi di Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia dengan kemampuan intelektual yang dapat bersaing dengan daerah bahkan dengan negara lain, salah satunya dengan diadakannya olimpiade baik dari tingkat SD/MI, SMP-MTS, SMA/MA bahkan tingkat mahasiswa. Namun terkadang yang bisa menikmati kegiatan olimpiade tersebut hanya sekolah-sekolah tertentu saja. Hal tersebut disebabkan masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah mengenai kegiatan tersebut serta faktor dari sekolah itu sendiri yag masih memiliki rasa minder untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Terutama sekolah-sekolah yang berada di daerah atau  pelosok. Hal ini terbukti dengan belum adanya delegasi dari provinsi NTB yang menjadi pemenang olimpiade-olimpiade baik yang diadakan ditingkat nasional apalagi tingkat internasional. Misalnya untuk olimpiade Matematika nasional tingkat SD, pemenangnya diraih oleh Stefano Chiesa Suryanto dari Jakarta. Dia bahkan telah merain juara olimpiade Matematika se-Asia Pasifik 2008. Alangkah bangganya bila salah seorang putra NTB dapat mengikuti jejak Stefano.
Kaitannya dengan itu maka diperlukan peranan dari semua pihak untuk meningkatkan SDM kita khususnya di NTB. IAIN sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi di kawasan timur mempuyai peran yang amat besar dalam hal itu.apabila kita melihat ke luar, para pemenang olimpiade matematika yang berasal dari Indonesia belum pernah berasal dari wilayah NTB.  Oleh karena itu dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional kami dari Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Mataram mengadakan kegiatan Olympiade Matematika tingkat SMA-MA dan Mahasiswa se–NTB guna mendukung  generasi-generasi yang handal dalam matematika. Dan membuktikan bahwa pelajar yang ada di NTB mempunyai intelektualitas yang tinggi dan mampu mewujudkan visi dan misi NTB saat ini yaitu beriman dan berdaya saing   di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.
Landasan dari kegiatan Olympiade Matematika dan konferensi ini adalah :
1.          Undang-undang Sistem Pendidikan Nasioanal No. 20 tahun 2003;
2.          Visi dan Misi IAIN Mataram;
3.          Visi dan Misi Pendidikan Matematika IAIN Mataram;
4.          Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika 2011;
5.          Program kerja kepengurusan Divisi Pendidikan HMJ Pendidikan Matematika IAIN Mataram 2011;
6.          Keputusan rapat Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika tanggal 25 Februari 2011.

B.     Nama dan Tema Kegiatan
Adapun nama kegiatan ini adalah Olympiade Matematika Tingkat Siswa/Siswi SMP-MTS, SMA-MA dan Mahasiswa se-NTB dengan tema Mengintegrasikan Intelektualitas dan Kolektifitas Menuju Generasi yang Beriman dan Berdaya Saing”.

C.    Tujuan Kegiatan
Secara umum tujuan dari kegiatan Olympiade  Matematika dan konferensi  ini adalah:
  1. Meningkatkan mutu Siswa/Siswi  SMP-MTS,SMA-MA dan Mahasiswa se–NTB;
  2. Memotivasi Siswa/Siswi  dan Mahasiswa dalam menekuni  dan mengembangkan Matematika;
  3. Terciptanya Siswa/Siswi  dan Mahasiswa yang kreatif, inovatif dan produktif dalam mengembangkan potensi pribadi dan peka terhadap perkembangan zaman.

D.    Target
Target yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
  1. Meningkatnya kreatifitas dan produktifitas Siswa/Siswi dan Mahasiswa se-NTB;
  2. Terbentuknya kader–kader generasi penerus yang berkompeten dalam mengembangkan Matematika;
  3. Tercapainya kompetisi dan kompetensi yang universal.

E.     Strategi pelaksanaan
Kegiatan olimpiade ini dilaksanakan bagi siswa-siswa SMA-MA dan Mahasiswa se-NTB serta dirangkaikan dengan konferensi Mahasiswa Matematika se-NTB. Jumlah sekolah SMA-MA dan mahasiswa yang kami target pada acara ini berjumlah 700, yang dimana kami akan mengirim surat delegasi kesetiap sekolah dan perguruan tinggi untuk sebagai nama pendaftar peserta olimpiade. maka dari panitia akan memberikan berbagai macam fasilitas, seperti:
1.      Piala Rektor untuk Pemenang I tingkat SMA-MA
2.      Piala Gubernur untuk pemenang I tingkat mahasiswa
3.      Hadiah untuk pemenang I-III tingkat SMA-MA dan Mahasiswa
4.      Sertifikat untuk seluruh peserta dan official
5.      Bagi pemenang  I tingkat SMA-MA mendapat jaminan bebas registrasi masuk jurusan Pendidikan Metematika dari Ketua Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram
6.      Sofenir untuk seluruh peserta
Adapun  adanya sosialisasi kegiatan dengan pemasangan baliho, spanduk dan penyebaran pamflet dapat memberikan informasi bukan hanya kepada sekolah-sekolah SMA-MA dan mahasiswa se-NTB tetapi juga masyarakat umum sehingga kegiatan ini diketahui oleh masyarakat luas.  

F.     Waktu dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 3 4 Mei 2011, yang bertempat di Kampus II IAIN Mataram dan Ruang Kuliah Fakultas Tarbiyah.

G.    Jenis Kegiatan
Kegiatan Olympiade ini akan dilaksanakan I (satu) tahap untuk siswa/siswi SMA-MA dan II (dua) tahap untuk Mahasiswa. Untuk Siswa/Siswi hanya  menjawab soal-soal Olympiade tingkat SMA-MA. Sedangkan Mahasiswa, pada tahap I dilaksanakan dengan menjawab soal Olympiade matematika tingkat Mahasiswa dan tahap II dalam bentuk Persentasi Karya Ilmiah oleh kelompok Mahasiswa  yang nilainya masuk 10 (sepuluh) besar.
H.    Peserta kegiatan
Para peserta Olympiade ini berasal dari Siswa/Siswi SMP-MTS, SMA-MA dan Mahasiswa Jurusan Matematika se–NTB dengan target peserta yaitu tingkat SMP-MTS, SMA/MA dan Mahasiswa se-NTB sebanyak 700 peserta.
I.       Panitia Kegiatan
Panitia pelaksanaan terdiri dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika IAIN Mataram dan perwakilan kelas. Susunan panitia terlampir (lampiran 1) .
J.      Penutup
      Demikian Project Proposal ini kami buat sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu dalam membantu mensukseskan kegiatan yang kami adakan. Harapan kami, kegiatan Olimpiade Matematika VI tingkat SMA-MA dan Mahasiswa Se-NTB ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Tentunya kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa adanya bantuan semua pihak, baik bantuan moril maupun finansial. Atas bantuan dan kerjasama bapak/ibu kami sampaikan terima kasih. Semoga apa yang menjadi niat baik kita bersama ini, dicatat sebagai amal ibadah dan diterima disisi Allah SWT. Amin.
Mataram,12  maret 2011
Panitia Pelaksana,
Pembinaan Olympiade Matematika,

Ketua Pelaksana,
               


Muhamad Syukur
NIM.151 094 037
Sekertaris,



Muhammad Munir
NIM. 151 094 073

Mengetahui,
Ketua Jurusan
Pendidikan Matematika



Irzani, S.Pd, M.Si
NIP.197607182005011002
Ketua Umum
HMJ Pendidkan Matematika



Harji
NIM. 151 084 019

Pembantu Dekan III
Fakultas Tarbiyah




H.M. Zaki. S. Ag, M.pd
NIP.197112311997031005

Lampiran 1

PERSONALIA KEPANITIAAN

Pelindung/Penasihat    : Dekan Fakultas Tarbiyah
Penanggung Jawab     : Pembantu Dekan III Fakultas Tarbiyah
Pelaksanaan                 : 1.       Ketua Jurusan Pendidikan Matematika
1.              Sekertaris Jurusan Pendidikan Matematika
Steering Comite          : 1.       Dewan Pengarah Organisasi
2.              Ketua Umum HMJ Pendidikan Matematika
Organizing Comite      : 1.       Ketua  Panitia : Muhamad Syukur
                                      2.       Sekertaris        : Muhammad Munir
                                      3.       Bendahara       : Lili Hernawati


Seksi Kesekertariatan
Koordinator                : Ilham
Anggota               :
1.      Waridah
2.      Rina Mariana
3.      Mirna Yuni Yarti
4.      Fathul Azis
5.      Zohaeratun
6.      Ulya Nurjannah
Koordinator                : Nurinayah
Anggota                      :
1.      Azizah Ratna Susilawati
2.      Khoridatul Farida
3.      Nurul Hadiani
4.      Yulia Harnani
5.      Usi Susanti
6.      Sriyana

Seksi perlengkapan
Koordinator                : M. Irvan
Anggota                      :
1.      Rudi Hartono
2.      Amir Marzuki
3.      M. Ahadi
4.      Hambali
5.      Malik Ibrahim
6.      Nita Hardiana

Seksi Konsumsi
Koordinator                : Hilmiah
Anggota                      :
1.      BQ. Rara Armiati
2.      Suhaedayati
3.      Sarwin Hidayat
4.      Nispa Hayati
5.      Ririn Wahyu Ningsih
6.      Yuliana Rizka

Seksi pubdekdok
Koordinator                : Khaeri
Anggota                      :
1.      Himmatul Fajri
2.      Tuti Hasrani
3.      Masriah
4.      Syaharuddin
5.      BQ.Sakiah
6.      M. Suhardi



Seksi pendanaan
Koordinator                : M. Aziz Ismail
Anggota                      :
1.      M. Qodri
2.      Nisa Ariestia
3.      M. Assadullah
4.      Samsul Hidayat
5.      Emi Mulyana
6.      Novan Hardi

Mataram, 22 April 2009

Ketua Umum
HMJ Pendidikan Matematika





Harji
NIM. 151 084 019

Lampiran 2

Estimasi dana yang dibutuhkan

ALOKASI DANA KEGIATAN

Pengeluaran :

1.      Seksi Keseketariatan


NO
BAHAN
jumlah
harga satuan
total
1
Tinta warna
4 botol
 Rp        40.000,00
 Rp        160.000,00
2
Amplop panjang
 6 kotak
 Rp        17.000,00
 Rp        102.000,00
3
Amplop jumbo 
30 buah
 Rp        20.000,00
 Rp        600.000,00
4
Kwitansi pendaftaran
20 buah
 Rp          3.000,00
 Rp          60.000,00
5
Kertas A4
3 rim
 Rp        30.000,00
 Rp          90.000,00
6
Penggandaan proposal
10 eskplar+ jilid
 Rp          3.000,00
 Rp          30.000,00
7
ID Card peserta
 700 orang
 Rp          7.500,00
 Rp        525.000,00
8
ID Card pembimbing
200 Orang
 Rp          7.500,00
 Rp     1.500.000,00
9
ID Card panitia
 39 orang
 Rp          7.500,00
 Rp        292.500,00
10
Isi steples
10 kotak
 Rp          1.000,00
 Rp          10.000,00
11
Sertifikat Peserta+ Pembimbing + Panitia yang jumlah keseluruhannya
 949 orang
 Rp        30.000,00
 Rp     2.820.000,00
12
Tinta stempel
 1 kotak
 Rp        13.000,00
 Rp          13.000,00
14
Buku Polio
2 buah
 Rp        10.000,00
 Rp          20.000,00
Jumlah
 Rp     6.222.500,00
                                                                                                             










2.      Seksi Perlengkapan

No
Bahan
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
Spanduk @3x5 meter    
 3 buah
35000
 Rp        105.000,00
2
Pamplet
50 lembar
2000
 Rp        100.000,00
3
Brosur (full color)
50 buah
2000
 Rp        100.000,00
4
Sewa sound system
1 set
3000000
 Rp     3.000.000,00
5
Batrei camera
5 Pasang
12500
 Rp          62.500,00
6
Sewa Terop
20 Lokal
150000
 Rp     3.000.000,00
7
Sewa Kursi
1000 Buah
200000
 Rp     2.000.000,00
Jumlah
 Rp     8.367.500,00

3.      Seksi Pubdekdok

No
Bahan
Jumlah
Harga satuan
Total
1
Cuci cetak Foto
100 Lembar
 Rp              1.000,00
 Rp        100.000,00
2
Perlengkapan dekorasi ruangan
1 set
 Rp      1.000.000,00
 Rp     1.000.000,00
JUMLAH
 Rp     1.100.000,00

4.      Seksi Konsumsi

NO
BAHAN
Jumlah
 Harga Satuan
Total
1
Snack Pembukaan



-  Peserta
700 Orang
 Rp        5.000,00
 Rp   3.500.000,00
-  Offecial
200 Orang
 Rp        7.500,00
 Rp   1.500.000,00
-  Undangan
100 Orang
 Rp        7.500,00
 Rp      750.000,00
-  panitia
39 Orang
 Rp        5.000,00
 Rp      195.000,00
2
Snack Penutupan



-  Peserta
700 Orang
 Rp        5.000,00
 Rp   3.500.000,00
-  Offecial
200 Orang
 Rp        7.500,00
 Rp   1.500.000,00
-  Undangan
100 Orang
 Rp        7.500,00
 Rp      750.000,00
39 Orang
 Rp        5.000,00
 Rp      195.000,00
3
Makan Siang



-  Peserta
700 Orang
 Rp      10.000,00
 Rp   7.000.000,00
-  Offecial
200 Orang
 Rp      15.000,00
 Rp   3.000.000,00
-  panitia
39 Orang
 Rp      10.000,00
 Rp      390.000,00
JUMLAH
 Rp 22.280.000,00
           
5.      Seksi Acara

No
Bahan
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
Penggandaan soal untuk mahasiswa
100 eksplar + penggandaan lembar jawaban
 Rp        1.000,00
 Rp      100.000,00
2
Penggandaan soal untuk siswa
600 eksplar + penggandaan lembar  jawaban
 Rp        1.000,00
 Rp      600.000,00
3
Double folio
7 rim
 Rp      25.000,00
 Rp      175.000,00
4
Kertas buram
 3 rim
 Rp      25.000,00
 Rp        75.000,00
5
Honor Dewan Juri
8 Orang
 Rp    400.000,00
 Rp   3.200.000,00
6
























Hadiah-hadiah
Olimpide Tingkat Mahasiswa
Juara I
1 Orang
 Rp 5.000.000,00
 Rp   5.000.000,00
Juara II
1 Orang
 Rp 4.000.000,00
 Rp   4.000.000,00
Juara III
1 Orang
 Rp 3.000.000,00
 Rp   3.000.000,00
Juara harapan I
1 Orang
 Rp 2.000.000,00
 Rp   2.000.000,00
Juara harapan II
1 Orang
 Rp 1.000.000,00
 Rp   1.000.000,00
Total
 Rp 15.000.000,00
Olimpiade Tingkat Siswa SMA-MA
Juara I
1 Orang
 Rp 4.000.000,00
 Rp   4.000.000,00
Juara II
1 Orang
 Rp 3.000.000,00
 Rp   3.000.000,00
Juara III
1 Orang
 Rp 2.000.000,00
 Rp   2.000.000,00
Juara harapan I
1 Orang
 Rp 1.000.000,00
 Rp   1.000.000,00
Juara harapan II
1 Orang
 Rp    500.000,00
 Rp      500.000,00
Total
 Rp 10.500.000,00

Olimpiade Tingkat SMP-MTs
Juara I
1 Orang
 Rp 3.000.000,00
 Rp   3.000.000,00
Juara II
1 Orang
 Rp 2.000.000,00
 Rp   2.000.000,00
Juara III
1 Orang
 Rp 1.000.000,00
 Rp   1.000.000,00
Juara harapan I
1 Orang
 Rp    500.000,00
 Rp      500.000,00
Juara harapan II
1 Orang
 Rp    300.000,00
 Rp      300.000,00
Total
 Rp   6.800.000,00
Lomba Media pembelajaran Berbasis Komputasi
Juara I
1 Orang
 Rp 1.000.000,00
 Rp   1.000.000,00
Juara II
1 Orang
 Rp    700.000,00
 Rp      700.000,00
Juara III
1 Orang
 Rp    500.000,00
 Rp      500.000,00

Total
 Rp   2.200.000,00
Jumlah
 Rp 38.650.000,00


6.      Total Dana
NO
SEKSI
TOTAL
1
 KESEKRETARIATAN
 Rp    6.222.500,00
2
PERLENGKAPAN
 Rp    8.367.500,00
3
PUBDEKDOK
 Rp    1.100.000,00
4
KONSUMSI
 Rp  22.280.000,00
5
ACARA
 Rp  38.650.000,00
TOTAL
 Rp  76.620.000,00


Lampiran 3
SCHEDULE ACARA
KEGIATAN OLYMPIADE MATEMATIKA VI
TINGKAT SISWA/SISWI SMA-MA DAN MAHASISWA SE-NTB
No
Hari/Tanggal
Waktu Acara
Jenis Kegiatan
Tempat acara
Keterangan
1
Senin, 21 Maret 2011 s/d sabtu, 23 April 2011
08.00-18.00
Penerimaan pendaftaran
Lab. Matematika IAIN Mataram
panitia
2
Sabtu, 30 April 2011
15.00-selesai
Technical meeting
Kampus II IAIN Mataram
Panitia + Peserta
3
Selasa, 3 Mei 2011
08.00-09.00
Pembukaan:
1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an
3. Laporan Ketua Panitia
4. Sambutan-Sambutan
A. Sambutan Ketua Jurusan Pend. Matematika
B. Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah
C. Sambutan Rektor IAIN Mataram Sekaligus Membuka Acara
5. Doa
Kampus II IAIN Mataram

Panitia + Peserta
09.30-11.30
Test Tingkat SMP-MTs, SMA-MA dan Mahasiswa
Ruang 14,15,16,17, 18,  dan  Aula IAIN Mataram
Peserta
11.30-12.30
Hiburan
Aula IAIN Mataram
Peserta +   Panitia
12.30-13.30
ISHOMA
Aula IAIN Mataram
Panitia + peserta
12.30-13.00
Pengumuman Hasil Tes Mahasiswa
Aula IAIN Mataram
Peserta
4.
Selasa, 3 Mei 2011
13.00-18.00
Persentase Mahasiswa
Aula IAIN Mataram
Peserta
5.
Rabu, 4 Mei 2011
07.30-11.30
Pengumuman + Penutup
Aula IAIN Mataram
Panitia + peserta
                                    

7 komentar: